FOSFOR’S 2024: Sinergi Mahasiswa Membangun Sikap LARAS dan Kebersamaan
![](https://statik.unesa.ac.id/profileunesa_konten_statik/uploads/s1psains/thumbnail/390e6778-7f17-4a11-b6c8-f10ebeda26d7.png)
Surabaya - Himpunan Mahasiswa Program Studi Pendidikan IPA (HMP), Universitas Negeri Surabaya (Unesa), kembali menyelenggarakan kegiatan tahunan bertajuk Familiarity and Synchronization of Science (FOSFOR’S) 2024 pada Jumat, 13 Desember 2024. Acara ini diselenggarakan sebagai wadah untuk mempererat hubungan mahasiswa, dosen, dan tenaga kependidikan serta memperingati Dies Natalis ke-18 Program Studi S1 Pendidikan IPA sejak pendiriannya pada 21 Desember 2006.
Mengusung tema “Membangun Kebersamaan dan Mewujudkan Mahasiswa yang Berbudaya serta Sikap LARAS (Leadership, Active, Responsive, Attractive, and Solid)”, FOSFOR’S 2024 menegaskan kembali komitmen HMP Pendidikan IPA dalam menanamkan nilai-nilai kepemimpinan, budaya kolaboratif, dan solidaritas antaranggota civitas akademika.
Pembukaan oleh Koordinator Program Studi
Acara ini dibuka secara resmi oleh Prof. Dr. Erman, M.Pd., Koordinator Program Studi S1 Pendidikan IPA Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) Unesa. Dalam sambutannya, Prof. Erman menekankan pentingnya semangat kolaborasi dan inovasi untuk mencetak generasi muda yang kompeten dan siap menghadapi tantangan global.
“Sebagai program studi yang telah memasuki usia ke-18, kita harus terus beradaptasi dan menciptakan generasi ilmuwan muda yang tidak hanya terampil secara akademik, tetapi juga memiliki karakter kuat untuk berkontribusi bagi masyarakat,” ujar Prof. Erman di hadapan mahasiswa dan dosen yang hadir.
Makna Dies Natalis dan Tema LARAS
Dies Natalis ke-18 ini menjadi momen refleksi bagi Prodi S1 Pendidikan IPA FMIPA Unesa untuk mengevaluasi pencapaian sekaligus merancang langkah strategis ke depan. Dalam konteks tema LARAS, acara ini tidak hanya sekadar perayaan, tetapi juga sarana membangun budaya akademik yang mendukung pengembangan pribadi dan sosial mahasiswa.
Sikap Leadership menekankan kepemimpinan yang inspiratif, sementara Active menggambarkan mahasiswa yang proaktif dalam mencari peluang belajar. Responsivitas (Responsive) menjadi penting untuk menjawab dinamika dunia yang cepat berubah, diimbangi dengan sifat Attractive untuk tetap relevan dan Solid untuk menjaga persatuan.
Harapan dan Komitmen ke Depan
Melalui FOSFOR’S 2024, HMP Pendidikan IPA berharap dapat terus menciptakan suasana kampus yang inklusif dan inspiratif. Acara ini menjadi bukti nyata bagaimana mahasiswa dapat berkontribusi dalam menciptakan ekosistem pendidikan yang dinamis dan berbudaya.
Sebagai bagian dari rangkaian acara Dies Natalis ke-18, FOSFOR’S 2024 juga menjadi momentum untuk merefleksikan perjalanan panjang Program Studi S1 Pendidikan IPA FMIPA Unesa dalam mencetak generasi unggul di bidang sains.