Transformasi Platform Merdeka Mengajar (PMM) menjadi Ruang GTK: Inovasi Baru untuk Pendidik Indonesia
![](https://statik.unesa.ac.id/profileunesa_konten_statik/uploads/s1psains/thumbnail/2f2c79d3-746c-4d88-8696-a9cd1149c1d1.png)
Surabaya - Pada awal tahun 2025, Kementerian Pendidikan Dasar dan Menengah (Kemdikdasmen) mengumumkan transformasi signifikan dengan mengganti Platform Merdeka Mengajar (PMM) menjadi Ruang GTK. Langkah ini bertujuan untuk menciptakan ruang belajar yang lebih sederhana, inklusif, dan relevan bagi Guru, Kepala Sekolah, Pengawas Sekolah, dan Tenaga Kependidikan di seluruh Indonesia.
Alasan Transformasi
Transformasi ini didorong oleh kebutuhan untuk menyederhanakan proses pengelolaan kinerja dan mengurangi beban administrasi yang selama ini dirasakan oleh para pendidik. Dengan pendekatan yang lebih efektif, diharapkan Ruang GTK dapat menjadi wadah yang mendukung profesionalisme dan kenyamanan kerja para pendidik.
Fitur Utama Ruang GTK
Ruang GTK menawarkan berbagai fitur yang dirancang untuk mendukung proses mengajar, belajar, dan berkreasi, antara lain:
- Pelatihan Mandiri: Fitur ini telah diperbarui untuk memberikan pendekatan yang lebih efektif dalam pengembangan kompetensi guru.
- Perangkat Ajar: Menyediakan berbagai materi ajar yang dapat diakses dan digunakan oleh guru dalam proses pembelajaran.
- Komunitas: Fitur ini memungkinkan para pendidik untuk berbagi inspirasi dan praktik terbaik dalam mengajar.
- Pengelolaan Kinerja: Proses pengelolaan kinerja disederhanakan untuk mengurangi beban administrasi dan memungkinkan guru fokus pada pengembangan profesional.
Cara Akses Ruang GTK
Ruang GTK dapat diakses melalui perangkat dengan sistem operasi Android versi 6 (Marshmallow) atau lebih tinggi. Bagi pengguna dengan perangkat yang tidak mendukung, aplikasi ini tetap dapat diakses melalui situs web resmi di guru.kemdikbud.go.id.
Tanggapan dan Harapan
Meskipun transformasi ini bertujuan untuk meningkatkan efisiensi dan efektivitas, beberapa pendidik menyatakan bahwa perubahan tersebut belum memberikan perbedaan yang signifikan dalam pengalaman pengguna. Namun, dengan penyempurnaan fitur secara bertahap, diharapkan Ruang GTK dapat menjadi solusi yang lebih baik dalam mendukung tugas dan pengembangan profesional para pendidik di Indonesia.